Category Archives: Uncategorized

Hello world!

Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start writing!

Aroma kopi Papua kian mendunia

Sumber Berita: IndustriKontan.co.id, Oleh Mona Tobing – Kamis, 21 Mei 2015 | 10:03 WIB
JAKARTA. Kopi dari tanah Papua kian populer. Bahkan rasanya telah dicicip sampai Amerika Serikat (AS) selama tujuh tahun. Kopi Arabica dari Wamena menjadi salah satu kopi favorit pada tiga negara.

Kabupaten Wamena, Provinsi Papua rupanya memiliki kualitas tinggi untuk jenis Kopi Arabica. Petani kopi di Papua menanam kopi secara organik. Cita rasa yang khas diuntungkan karena tumbuh di daerah Pegunungan Jayawijaya Wamena dengan ketinggian hingga 1.600 meter di atas permukaan laut. Sehingga, rasanya tidak terlalu asam saat diseruput.

Rasa inilah yang membuat empat negara yakni: Amerika Serikat bahkan telah mengimpor kopi dari Papua selama tujuh tahun belakangan. Lalu, Australia, Singapura dan Belanda secara rutin setiap tahun khusus mendatangkan kopi asal Papua ini.

Yusni Emilia Harahap, Direktorat Jenderal Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP) Kementerian Pertanian mengatakan, pasar internasional akan semakin terbuka dengan produk pertanian berbasis organik dan ramah lingkungan. Itu sebabnya, pemerintah mendorong agar petani untuk menerapakan prinsip pertanian yang baik. “Memang ongkosnya lebih mahal. Namun pasar akan lebih berkelanjutan (sustain) dan pasti,” tandas Emilia.

Meski begitu, Emilia menyadari bahwa petani kopi masih kekurangan untuk mesin pengolahan kopi. Serta bantuan penguatan modal. Di samping juga informasi harga pasaran kopi domestik dan luar negeri. Gunanya, menjaga kestabilan harga di pasaran serta juga untuk lebih meningkatkan mutu kopi olahan yang dihasilkan.

Konsumsi kopi asal Indonesia terus meningkat di pasar Amerika Serikat (AS). Berdasarkan data statistik dari U.S Department of Commerce, Bureau of Census, impor kopi AS dari Indonesia pada periode Januari-Desember 2014 sebesar US$ 323,10 juta dollar naik sebesar 11,29% dibandingkan periode yang sama tahun 2013.

Indonesia berada di peringkat ke 6 sebagai negara sumber impor kopi AS dengan pangsa pasar sebesar 5,49%. Posisi Indonesia berada di bawah Brasil, Kolombia, Vietnam, Kanada, dan Guatemala. Sementara impor kopi AS dari dunia untuk periode Januari hingga Desember 2014 sebesar US$ 5,88 miliar naik 10,46% dibandingkan periode yang sama tahun 2013.

Editor: Yudho Winarto

Utusan KSU Baliem Arabica Menghadiri Konferensi I Pengelolaan Sumberdaya Pegunungan Tengah di Chiang Mai, Thailand

Kerjasama JakartaCoffeeHOuse.com dan PAPUAmart.com

Kerjasama JakartaCoffeeHOuse.com dan PAPUAmart.com

Global Sales and Marketing Manager of KSU Baliem Arabica attends the “1st International Conference on Asian Highland Natural Resources Management (AsiaHiLand) and 2nd IDRC-SEARCA Upland Fellowship and Conference”, being held at The Empress Hotel, Chiang Mai, Thailand, from January 7th to 9th, 2015. dengan tujuan mempelajari contoh-contoh dan praktek yang telah diuji-coba di berbagai tempat di Asia dan Asia Tenggara meyangkut pengelolaan sumberdaya alam di wilayah pegunungann.

Konferensi ini diselenggarakan oleh Universitas Chiang Mai. Konferensi pertama menyangkut pengelolaan sumberdaya di kota terbesar kedua di Kerajaan Thailand ini menghadirkan para gurubesar dan peneliti dari berbagai universitas di dunia, pembicara terbanyak dari Universitas Chiang Mai sendiri sebagai tuan rumah.

Pelajaran yang hendak dipetik KSU Baliem Arabica dari konferensi ini ialah bagaimana otoritas dan akademia menghadapi berbagai persoalan yang terjadi di pegunungan di Asia dan Asia Tenggara, menyangkut keamanan makanan (food security), energi terbarukan (renewable energy), irigasi,

Dalam konferensi ini akan berlangsung “Thematic sessions” dengan bagian-bagian topik yang beraneka-ragam. Ada dua topik tentang Kopi, ada juga tentang daur ulang, ada tentang penggunaaan pestisida, irigasi, energi terbarukan, penanaman padi di pegunungan. (Silahkan baca garis besar kegiatan di website mereka di sini).

KSU Baliem Arabica berharap dari waktu dan biaya yang dikeluarkan saat ini akan membawa manfaat jangka panjang, sama halnya dengan waktu dan biaya yang telah dihabiskan koperasi untuk menghadiri World Parks Congress yang barusan berlangsung di Olympic Park, Sydney, Australia tanggal 12-19 November 2014.

Unit Penjualan TIket dan Pembayaran Rekening KSU Baliem Arabica diluncurkan 1 Desember 2014

Menanggapi tantangan yang ada secara real di Tanah Papua, dan untuk memperlancar kegiatan Usaha, maka per tanggal 1 Desember 2014 telah diluncurkan oleh KSU Baliem Arabica Distributor Yogyakarta, sebuah Unit Penjualan Tiket Pesawat, Tiket Kereta Api dan Pembayaran secara Televisi, Telepon, Listrik dan Internet secara Online.

Dengan kehadiran layanan ini dimintakan kepada semua orang Papua di manapun Anda berada untuk melakukan pembelian tiket yang murah meriah, dapat dilakukan dengan cara mudah. Bisa dibeli secara Online ataupun secara Offline.

Menurut Kepala Unit Sales & Marketing, Jhon Kwano dari Yogyakarta, peluncuran ini menyusul keberhasilan KSU Baliem Arabica meluncurkan Kantor Distributor Kopi Wamena di Canberra Australia pada 20 November 2014 lalu. Menurutnya Distributor Kopi Wamena di Canberra bertugas menyampaikan kopi Wamena yang akan dikirimkan langsung dari Gudang Port Numbay, Provinsi Papua.

Dengan peluncuran ini Kwano harapkan semua pejabat Papua, pengusaha Papua, siswa dan mahasiswa Papua dan masyarakat Papua pada umumnya supaya membeli tiket lewat layanan ini karena layanan ini dimiliki oleh Orang Asli Papua, dalam rangka mengembangkan entrepreneurship di Tanah Papua. Menurutnya,

Kami harap semua pihak mengerti bahwa langkah-langkah perintisan yang dilakukan saat ini mendapat sambutan positif dari pasar masyarakat Papua sendiri dan kalau orang Papua sendiri tidak mendorong diri sendiri dengan membeli produk dari tanah sendiri dan membeli dari usaha-usaha yang dijalankan oleh orang sendiri, maka jangan kita harapkan orang lain dari timur atau barat sana datang untuk mengulurkan tangan membawa bantuan pembangunan, bantuan kesehatan, bantuan pengembangan masyarakat dan sebagainya. Sudah saatinya orang Papua bangkit untuk mandiri. Kemandirian kita akan menghadirkan kesejahteraan. Orang tidak mandiri tidka bisa sejahera.

Semuanya harus dimulai dari kita sendiri. Kami dari entrepreneurship Papua, sebagai pusat Inkubator Entrepreneur Papua sudah mengambil langkah. Kami tunggu sambutan dari ornag Papua, dan kalau bisa dari para pejabat dan juga dari sumber-sumber ekonomi dan keunangan Papua untuk mendukung perintisan seperti ini.

Mengapa KSU Baliem Arabica Hadir di World Parks Congress 2014 di Sydney, Australia?

Selamat Datang WPC

Selamat Datang World Parks Congress Sydney 2014

Tentu saja pertanyaan ini sudah mengemuka sejak membaca artikel dan persiapan utusan KSU Baliem Arabica menuju kongres sedunia yang diselenggarakan oleh Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang membidangi lingkungan hidup dan konservasi, yang diselenggarakan sekali setiap satu dekade (10 tahun). Kebanyakan even internasional di dunia terjadi secara tahunan, dan sering juga per empat tahun atau lima tahun, tetapi peristiwa per satu dekade ini penting untuk dihadiri oleh semua manusia yang hidup di planet Bumi. Alasan pertama karena peristiwa ini berbicara tentang alam, Bumi dan perlindungannya, karena semua manusia, semua makhluk, hidup di planet bernama Bumi. Upaya konservasi ialah upaya untuk mempertahankan planet Bumi sebagai tempat yang tetap layak huni, agar supaya kehidupan tidak menjadi punah karena ulah perbuatan manusia sendiri. Maka diupayakan tempat-tempat di darat maupun di laut yang dianggap bernilai ekologis dan ekosistem diperjuangkan untuk menjadi daerah atau wilayah konservasi. Di Tanah Papua kita tahu Taman Nasional Wasur dan Taman Nasional Lorentz serta taman nasional di Teluk Cenderawasih dan Raja Ampat sebagai cagar alam dan taman nasional, yang dilindungi oleh negara, didaftarkan dan diakui oleh badan internasoinal seperti UNESCO dan IUCN.

Alasan lainnya karena peristiwa ini terjadi sekali dalam 10 tahun sehingga banyak masalah yang menumpuk selama 10 tahun menjadi fokus dari semua manusia di dunia untuk dibawa ke forum internasional seperti ini.

Alasan ketiga karena misi dan visi dari Koperasi Baliem Arabica mewujudkan iklim usaha yang bersahabat dengan lingkungan sekitar di mana usaha koperasi dilakukan, yaitu bersahabat dengan alam sekitar dan budaya masyarakat sekitar. KSU Baliem Arabica lewat Unit Tanggungjawab Lingkungan (yaitu lingkungan sosial dan lingkungan alam) selama tiga tahun belakangan ini telah aktiv dalam melakukan pendidikan, penyuluhan dan penyebarluasan informasi tentang lingkungan alam di mana kita hidup. Juga sudah aktiv dalam pembersihan eceng gondok di danau Sentani, Kabupaten Jayapura karena teridentifikasi eceng gondok ialah tanaman exotic (pendatang) yang bersifat invasive (menguasai dan membunuh spesies asli). Sampai detik inipun, kegiatan penanganan eceng gondok sedang berlangsung. Dalam waktu singkat, awal tahun 2015, KSU Baliem Arabica Unit Tanggungjawab Lingkungan berencana meluncurkan program “Papua Hijau” yang bertujuan mendistribusikan informasi dan melakukan langkah-langkah konservasi lingkungan di Tanah Papua.

Mengapa Koperasi Baliem Arabica?

Koperasi Baliem Arabica ialah perintis dan sampai hari ini satu-satunya badan usaha milik Orang Asli Papua yang memproduksi dan mengekspor produk dari Tanah Papua ke luar negeri, dan oleh karena itu dalam pentas perdagangan global, KSU Baliem Arabica harus hadir sebagai perusahaan yang tahu diri, tahu diri dari sisi di mana ia beroperasi dan menanam kopi, di mana para petani kopi hidup, dan di mana para konsumen kopi Papua hidup. Tanah Papua sebagai tempat pijakan pertama KSU Baliem Arabica secara otomatis menjadi tanggungjawab moral untuk mengupayakan kelestarian Bumi Cenderawasih. Merintis sesuatu ialah mulia, walaupun apa yang dilakukan barangkali tidak begitu berarti dan tidak dapat dianggap berguna kalau dibandingkan dengan apa yang dilakukan NGO konservasi alam seperti Walhi, WWF dan Conservation International.

KSU Baliem Arabica sebagai perintis ekspor kopi dari Tanah Papua merasa secara otomatis bertanggungjawab atas pelestarian Bumi Cenderawasih dan mengundang semua badan usaha yang beroperasi di Tanah Papua untuk bersama-sama berbaris menyatukan kekuatan, melakukan kegiatan-kegiatan pelestarian dan konservasi lingkungan alam di Tanah Papua.

KSU Baliem Arabica sungguh berharap agar kunjungannya ke WorldParksCongress.org tahun 2014 di Olympic Park, Sydney, New South Wales, Australia ini memberikan masukan dan pelajaran yang berarti buat nantinya kembali dan diterapkan dalam pengembangan usaha-usaha ekonomi yang dikelola Koperasi.

Jhon Yonathan Kwano sebagai utusan yang mengusulkan Koperasi untuk membiayai kunjungan ke kegiatan ini berdoa kiranya Tuhan pencipta Tanah Papua dan pencipta umat manusia sekalian, khususnya  yang ada dan berbisnis di Tanah Papua, apapun jenis usahanya, apapun agama, ras dan sukunya, menjadi sadar dan berdoa agar Bumi ini tetap menjadi tepat yang layak huni bagi kita saat ini, bagi anak-anak dan cucu kita di hari esok dan buat puluhan dan ratusan generasi kita mendatang.

 

Bush Heritage Australia dan Menejemen Proyek Berbasis Komunitas

Setelah pertemuan dan pelajaran dari Presiden Palau terkait inisiatif dan langkah strategis pemerintah dalam melindungi alam sekitar dan belajar dari pengalaman LMMA di kawasan Melanesia (Fiji sampai kepulauan Kay) pada hari kemarin (14 November), maka pada hari ini, 15 November 2014 utusan KSU Baliem Arabica melakukan pertemuan 2 jam dengan para pengelola dan anggota dari Bush Heritage Australia.

Bush Herige Australia ialah sebuah proyek yang dijalankan oleh masyarakat adat di bagian Utara Benua Afrika, yang secara administrasi pemerintahan federal Australia berada di wilayah sekitar Darwin, nama wilayah yang diambil dari sang teoretisi Charles Darwin yang memunculkan gagasan evolusi dan seleksi alam, di mana manusia di dunia yang lemah dan ras yang tidak dapat bertahan akan punah sesuai dengan rumus hukum alam dan pendudukan dan penjajahan ialah akibat alamiah dari proses seleksi alam. Masyarakat Adat di wilayah Darwin saat ini menyatakan “Tidak benar!” kepada sang tokoh evolusioner ini. Mereka telah memenangkan sebuah pertarungan hukum di pengadilan dan memenangkan banyak tanah adat menjadi tanah milik Masyarakat Adat setempat, yang dulunya tidak pernah diakui.

Bush Heritage tidak hanya berusaha menkleim tanah, tetapi mereka juga telah mengambil inisiativ sendiri dan mengeluarkan sebuah peta pengelolaan Tanah Adat mereka yang begitu komprehensiv. Proses pembuatan peta wilayah dimulai beberapa tahun lalu. Disusul 3 tahun proses penyusunan program di antara suku-suku yang ada sehingga rencana tersebut disatukan ke dalam sebuah dokumen yang akhirnya dipresentasikan kepada pemerintah federal.

Rencana yang telah saja, Jhon Kwano baca menunjukkan sebuah program yang begitu luas dan dalam, dan disampaikan dalam bentuk cerita. Cerita dari masyarakat adat dan tua-tua adat ditulis dan dicetak seperti diceritakan langsung dan tercetak. Rencana dimaksud terdiri dari

  1. Peta wilayah adat
  2. peta tanah adat bagi masing-masing klen dan suku
  3. program kerja strategis di wilayah tanah adat mereka
  4. program kerja jangka pendek, menengah dan panjang untuk tanah adat.

Di dalamnya terdapat peta wilayah yang bisa dipakai untuk pembangunan rumah tinggal, tanah untuk pertenian, tanah untuk berburu, tanah untuk membiarkan turis datang, dan tangah di mana selain masyarakat adat setempat tidak diizinkan untuk mendapatkan akses dengan alasan apapun juga. Ini mereka sebut “No-Go Zone”.

Pemerintah setempat, setara dengan provinsi di Indonesia, juga datang dan bersama dengan mereka memberikan kesaksian bahwa apa yang dilakukan masyarakat adat dengan program Bush Heritage ialah sesuatu yang positiv dan patut dicontoh oleh semua Masyarakat Adat di seluruh dunia. Kata mereka,

“Kami pemerintah hanya manusia. Kami tidak bisa berbuat yang terbaik untuk semua orang. Jadi masing-masing kelompok seharusnya datang dengan program mereka, keterangan tentang mereka, apa yang mereka mau dan apa yang mereka tidak mau, disertai alasan-alasan yang disajikan secara jelas, maka pemerintah pasti akan mendukungnya. Sebelumnya masyarakat adat datang dan melakukan demonstrasid an protes dan itu sulit bagi pemerintah untuk bersedia berdialog. Seharusnya masyarakat adat datang dengan gambaran yang jelas apa yang mereka lawan, apa yang mereka tolak, apa yang mereka mau, dan digambarkan secara jelas dan disampaikan langsung. Ini sangat membantu.”

Dari diskusi ini, saya, Jhon Kwano berharap pemerintah provinsi Papua dan masyarakat adat di seluruh Tanah Papua mengambil langkah. Pertama masing-masing kelompok masyarakat adat duduk dan berbicara, berpikir dan berencana, menyangkut tanah leluhur mereka, menyangkut apa yang harus dilakukan di atas tanah mereka, dan menyampaikannya kepada pemerintah kabupaten, kota dan provinsi. Kalau tidak begitu, orang Papua akan berdiri sebagai penonton, dan selalu memprotes semua yang datang dari pemerintah, tanpa memberikan alasan yang jelas, tanpa memberikan solusi yang tepat, tanpa rencana jalan keluar yang tepat.

Pasar Kopi Wamena akan segera dibuka di Kota Wamena

Passar Kopi Wamena

Passar Kopi Wamena

Dari akun Facebook tanggal 4 Agustus 2014 Ketua Koperasi Baliem Arabica, Selion Karoba menyatakan gebrakan yang dilakukan Koperasi Serba Usaha Baliem Arabica tahun ini dengan “Membuka Pasar Kopi di Wamena” sehingga seluruh petani kopi datang ke pasar dan menjual hasil perkebunan Kopinya dengan harga yang telah distandarisasi sesuai harga kopi yang berlaku secara nasional maupun internasional.

Standarisasi harga kopi ini bermaksud membantu para petani kopi sehingga mereka tidak secara terus-menerus ditipu oleh para pembeli yang selama ini langsung datang ke tempat para petani atau ke kebun para petani dan langsung menentukan harga kopinya semau mereka, yang dampaknya ialah ialah ketimpangan harga dan secara serius mempengaruhi kestabilan harga Kopi Wamena selama ini.

Dengan pembukaan Pasar Kopi Wamena ini diharapkan semua pembeli yang datang ke Pasar Kopi akan menjual dan membeli dengan harga yang sama.

Berikut harga yang telah ditetapkan KSU Baaliem Arabica Pusat Wamena:

  1. Harga Kopi dalam Bentuk Gabah Asalan / Standar Rp. 7.000;/ Liter kadar 60-75%.
  2. Harga Kopi dalam bentuk Biji Kering standar, kadar 12.50-13.00% Rp. 24.500

Dengan pematokan ini, menurut Karoba para petani Kopi akan mendapatkan keuntungan dan keuntungan yang diperoleh para petani dapat dikendalikan dan dengan demikian akan diketahui jauh sebelum penjualan kopi,

Selama ini para petani kopi punya kopi tetapi mereka belum bisa pastikan berapa uang yagn akan mereka dapat sebelum terjadi negosiasi dan proses jual-belinya. Karena selama ini para pembeli kopi datang ke para petani dengan menyodorkan harga yang tidak sama, ada yang terlalu mahal, maksudnya pembeli datang dengan harga mahal sekali sehingga para petani membanjiri pembeli dimaksud. Ada juga datang dengan harga sangat murah. Jadi para petani tidak tahu secara pasti pendapatan mereka. Ada yang pemeblinya sama, tetapi datang hari ini dengan harga mahal, datang besoknya dengan harga di bawah harga standar, jadi petani kopi disebut dipermainkan oleh para tengkulak.

Itu sebabnya kami lakukan terobosan ini dalam rangka menyelamatkan pengembangan kopi di pegunungan tengah Papua dan sekaligus pertama-tama menyelamatkan semangat menanam dan memelihara kopi yang sudah kami tanamkan dan kobarkan di antara para Masyarakat Adat di seluruh pegunungan Tengah Papua.

Menutup komentarnya Ketua Koperasi mengharapkan supaya para pembeli, baik itu pembeli dari pemerintah, swasta atau lembaga LSM lokal ataupun internasional, semuanya supaya menghargai inisiatif dan gebrakan yang dilakukan KSU Baliem Arabica sebagai pembeli kopi dan investor lokal yang selama ini telah menghabiskan dana, waktu dan tenaga yang banyak untuk kepentingan pengembangan kopi di Tanah Papua secara umuim dan khususnya di Pegunungan Tengah Papua.

Penawaran Khusus Panen Perdana Musim Panen 2014

Papua Arabica Coffee

Revo Karoba menangkut Kopi Arabica Wamena Panen Perdana Juli 2014 di Gudang Kopi

Penawaran Khusus hanya ditujukan kepada para Pelanggan KSU Baliem Arabica dari hasil Panen Perdana Musim Panen 2014

Sebagaimana dirilis dalam PAPUACoffees.com dan PAPUAmart.com bahwa untuk bulan Juli 2014 diberikan penawaran khusus kepada para pelanggan yang selama ini membeli kopi dari KSU Baliem Arabica baik FOB Jayapura maupuan FOB Yogyakarta (Sleman) secara online ataupun Offline bahwa KSU Baliem Arabica mulai tanggal 18 Juli 2014 memberikan penawaran khusus kepada para pelanggannya untuk membeli Kopi produk KSU Baliem Arabica.

Adapun maksimum pembelian yang ditawarkan pada saat ini ialah 500kg dengan harga khusus yaitu Rp.67.000,- (Terbilang: Enampuluh Tujuh Ribu Rupiah) per kilogram-nya.

Silahkan rujuk ke kedua link di atas (PAPUACoffees.com dan PAPUAmart.com) untuk membaca lebih lanjut tentang profil kopi dan penawaran secara lengkap.

Untuk pembeli baru atau pembeli non-reguler (yang pernah membeli kopi kami tetapi tidak secara rutin), kami akan berikan penawaran kepada Anda untuk babak berikutnya, kemunginan besar pada awal Agustus 2014.

Kenapa kami lakukan penawaran khusus seperti ini?

Alasan pertama karena produk Kopi Papua sangat terbatas, sehingga kami perlu jual hanya kepada para pembeli yang serius dan pembeli yang bersedia membeli dalam jumlah besar.

Alasan kedua karena proses produksi Green Beans saja sudah tidak sulit mengingat medan yang begitu parah dan transportasi yang 99% dilakukan dengan pesawat terbang sehingga kami merasa begitu bijak kalau setiap tahapan panen langsung dijual demi menjaga kesegaran Kopi.

Alasan ketiga karena kami butuhkan perputaran uang langsung dengan anggota koperasi, atau para petani Kopi. Oleh karena itu dengan membeli Kopi lewat tahapan seperti ini maka akan membantu para petani untuk memperoleh pendapatan secara langsung.

Kapan penawaran ini berakhir?

Penawaran akan berakhir pada bulan Agustus, tetapi tanggal akan ditentukan kemudian, pada saat penawaran tahap kedua kami luncurkan.

Info selanjutnya?

Silahkan hubungi

  1. ke Situs kami lewat BaliemArabica.com
  2. Email: info@coffea.asia atau kopiwamena@gmail.com
  3. SMS/ Telepon: 081238301001 atau 085656235388

Yang Harus Anda Ketahui Bahaya GMO

Apa itu GMO

GMOs, atau “genetically modified organisms,” ialah tanaman atau bewan yang diciptakan lewat teknik pemisahan genetika dari bioteknologi (juga disebut genetic enginieering, atau GE, yaitu rekayasan genetika). Teknologi experimental ini melakukan merger terhadap DNA dari berbagai spesies, lalu menciptakan kombinasi gen-gen tanaman, hewan, bakteri dan viral yang labil yang tidak dapat terjadi secara alamiah atau dalam pembibitan tradisional. (PAS COFFFEE)

GMO adalah mahluk hidup yang telah ditingkatkan kemampuan genetisnya melalui rekayasa genetis. Secara mudah dapat kamu pahami bahwa dengan rekayasa genetis, ”komponen” mahluk hidup ”dibuah”, disesuaikan, sehingga menjadi lebih unggul, semisal tahan hama, tahan penyakit, dan lebih banyak menghasilkan panen, atau menambah ”gemuk” hewan ternak.

Sebagai contoh, tanaman jagung yang mudah terserang hama, melalui rekayasa genetis, dapat di ”silangkan” dengan jenis bakteri yang dapat ”melawan” hama tersebut, sehingga jadi lah tanaman jagung type baru yang tahan hama.

Salah satu ancaman yang menyeluruh terhadap kemanusiaan adalah me modifikasi sumber makanan kita, dan salah satu alasan mengapa hal itu di benarkan terjadi, adalah karena kita terlalu jauh dari sumber-sumber makanan kita.

Anak-anak sekarang bahkan tidak menyadari berasal dari mana daging dan susu yang sering mereka konsumsi, misalnya mereka tidak pernah menginjakkan kaki di sebuah peternakan atau di ladang pertanian.., tidak pernah terpikirkan bagaimana sumber-sumber makanan tersebut di produksi.

Resiko GMO… BACA SELENGKAPNYA DI SINI

Bukan Mitos: You Are What You Eat

Secara hukum alam, apa yang kita makan menunjukkan siapa kita. Dari makananya kita tahu siapa yang memakannya, mulai dari gula di rumah, yang terhambur di meja atau lantai tetapi dalam beberapa saat kemudian sudah tidak ada, maka 90% kita tahu semut memakannya. Lain lagi kalau ada tulang ikan atau ayam yang kita taruh di tempat sampah tetapi menghilang, kita pasti tahu ada anjing atau kucing yang datang makan. Tidak mungkin kita tuduh manusia memakannya. Kalau ada rerumputan atau dedaunan di kebuh atau halaman rumah terpotong atau berkurang, maka kita pasti tahu itu kambing, domba atau sapi yang lewat, bukan anjing atau kucing.

Dari makananya kita tahu persis siapa yang memakannya. Itu yang dikatakan dalam artikel ini.

Ya, Bukan Mitos, ini Fakta Kehidupan Kita Sendiri

Jakarta – Pernah dengar istilah ‘You are what you eat’? Bukan sekedar istilah belaka, tapi memang apa yang Anda makan akan mewakili Anda sebenarnya. Efek yang ditimbulkan mungkin tidak terlihat secara langsung, tapi akan dirasakan pada masa yang akan datang.

Apa yang kita makan akan mencerminkan diri kita, benarkah demikian? Banyak orang meragukan pepatah lama ini. Mungkin hal ini memang tidak disadari secara langsung, tapi justru akan terlihat hasilnya beberapa tahun yang akan datang. Bahkan ilmuwan di Linkoping University mengatakan ’sesaat di bibir’ bisa menyebabkan ’seumur hidup dipinggul’.

Yang dimaksud adalah, makanan yang Anda makan terkadang hanya enak dan lezat dirasakan sesaat dimulut. Dan tanpa disadari Anda memakannya dalam jumlah yang sedikit lebih banyak. Namun Anda tidak memperhitungkan apa yang akan terjadi pada tubuh Anda sesudah menyantap makanan itu semua. Sebut saja tiramisu, cheesecake, opera, dan jenis makanan manis lainnya yang mengandung lemak dan tinggi kalori.

Ada Ernersson dan tim peneliti di Linkoping University Swedia melakukan sebuah studi. Selama empat minggu, 18 orang yang diteliti melakukan penurunan olah raga justru meningkatkan asupan energi. Sehingga menyebabkan lemak pada tubuh meningkat jauh lebih tinggi.

Peningkatan ini sekitar 70% selama satu minggu. Jika dikonversikan kenaikan berat badan rata-rata setiap orang sekitar 6,4 kg dalam seminggu. Peningkatan berat badan ini tidak bisa langsung diturunkan, dan jika Anda tidak mengontrol pola makan Anda hal ini akan semakin buruk dalam jangka waktu dua tahun.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Ernersson ini, memberi bukti baru yang menarik. Bahwa makan berlebihan dalam jangka waktu yang pendek dan kurang olahraga berpotensi mengubah fisiologi seseorang. Yaitu, menyebabkan seseorang sulit untuk menurunkan berat badan.

sumber: detikhealth.com