Invasice Species

Pencabutan Species Invasive di Pegunungan Tengah Papua Dimulai

Natal bersama Petani Kopi Spesial Papua khusus di Kabupaten Jayawijaya sekaligus Penyambutan Tahun Baru 2015 dilaksanakan pada tanggal 01 Januari 2015 bertempat di lokasi Jln. Hom-Hom samping Kampus UNIYAP II atau Lokasi Baru KSU. Baliem Arabica.

Acara tersebut dihadiri oleh para undangan dari Dinas Perkebunan Kab. Jayawijaya, Dinas Perindagkop dan Dinas Pariwisata serta Dinas Kehutanan.

Melalui acara ini KSU Baliem Arabica juga telah Lounching Operasi Tumbuhan Penakhluk di seluruh wilayah Pegunungan Tengah yang dimulai dari Kab. Jayawijaya. Kata ketua KSU. Baliem Arabica-“Exportir Papua Specialty Coffee” dalam sambutannya bahwa;¬†Tujuan utama Pencabutan dan pemusnahan tumbuhan Penakhluk seperti LANTANA adalah kelanjutan dari Operasi Eceng Gondok di Danau Sentani Kab. Jayapura dan ini adalah bagian dari perwujudan visi/misi Organic Arabica Coffee Papua yang sempurna menuju “EKONOMI HIJAU PAPUA” dan menata Pengembangan Kopi Organik Papua sebagai tujuan Wisata Dunia sekaligus mengangkat produk kearifan lokal masyarakat Adat setempat, demikian lanjut Pak Ketua dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris KSU. Baliem Arabica, K. Yikwa.

Di akhir sambutannya Sekretaris KBA menyerahkan 65 unit mesin Luwak, Terpal, Ember, Loyang dan Gunting pemangkasan kepada petani kopi Specialty binaan KSU. Baliem Arabica di 9 Titik Kelompok Tani SE-Kabupaten Jayawijaya Wamena.

Sumber: Ketua KSU Baliem Arabica